Beranda | Artikel
Biografi Singkat Ibnu Khuzaimah
Jumat, 2 Oktober 2020

Bersama Pemateri :
Ustadz Ali Musri Semjan Putra

Biografi Singkat Ibnu Khuzaimah merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Faidah-Faidah Sejarah Islam yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Jum’at, 14 Safar 1442 H / 2 Oktober 2020 M.

Download juga kajian sebelumnya: Biografi Imam Ath-Thabari

Kajian Tentang Biografi Singkat Ibnu Khuzaimah

Sebelum kita membahas secara rinci tentang biografi beliau, kita mengenal sedikit kondisi keagamaan yang ada dimasa beliau. Dimana kondisi keagamaan yang ada di masa beliau muncul berbagai aliran dan perkembangan pemahaman dalam Islam, baik dari kalangan ahlul kalam, diantaranya kelompok Jahmiyah, Mu’tazilah, Kullabiyah, juga dari paham Syiah dan juga Khawarij.

Imam Ibnu Khuzaimah juga pernah difitnah oleh kelompok-kelompok ini yang nanti akan kita bahas bagaimana ahlul kalam berupaya untuk mengadu domba beliau dengan beberapa murid beliau.

Sebelumnya kita sudah menjelaskan bagaimanan sejarah perkembangan dari kehidupan Imam Ahmad yang telah berhasil mempertahankan aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah di hadapan orang-orang Mu’tazilah, namun orang-orang Mu’tazilah di masanya Imam Ibnu Khuzaimah masih memiliki majelis-majelis secara khusus yang di situ mengembangkan paham dan konsep aqidah mereka kepada generasi muda.

Ibnu Khuzaimah tidak asing dalam mengkaji permasalahan ini, terlihat dalam Kitabut Tauhid yang beliau tulis, di sana beliau menjelaskan hakikat aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah, demikian pula membantah berbagai paham-paham yang  kita sebutkan tadi.

Lihat juga: Ciri-Ciri Ahlussunnah wal Jama’ah

Itu sekilas tentang bagaimana beliau menyebarkan aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Bagi orang-orang yang mengaku mengikuti madzhab Imam Syafi’i -dan karena Imam Ibnu Khuzaimah ini bermadzhab Syafi’i- salah satu rujukan aqidahnya adalah Kitabut Tauhid karya Imam Ibnu Khuzaimah ini. Silahkan baca kitab ini, dan bisa dibandingkan dengan aqidah orang-orang yang hari ini mengaku mengikuti madzhab Syafi’i termasuk di kalangan Asya’irah Maturidiyah. Kita akan melihat apa aqidah Ibnu Khuzaimah yang telah meriwayatkan berbagai aqidah dari para ulama Salaf dalam Kitabut Tauhid.

Bagaimana dan apa faidah selanjutnya? Mari download dan simak mp3 kajiannya.

Download MP3 Kajian

Untuk mp3 kajian  yang lain silahkan kunjungi mp3.radiorodja.com


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/49149-biografi-singkat-ibnu-khuzaimah/